Thursday 1 March 2012

OBYEK WISATA KOTA KEBUMEN PANTAI KARANG BOLONG




Pantai Karangbolong
Nuansa perbukitan yang asri dan lambaian pohon kelapa serasa menyejukkan hati. Pantai Karangbolong menyimpan berbagai keindahan. Di samping pantai yang menawan, Pantai Karangbolong juga menyimpan keindahan karang dengan sarang burung waletnya.

         Pantai Karang Bolong dari Kota Kebumen berjarak sekitar 40 Km sebelah barat daya. Dan dapat ditempuh jalur darat melalui 2 jalur transportasi. Petama, dari Kota Kebumen para wisatawan menuju Kota Gombong dan setelah itu mengambil jalur transportasi jurusan Karang Bolong.


Kedua, para wisatawan dapat mengambil jalur dari Kota Kebumen mengambil jurusan Petanahan, setelah itu mengambil jalur transportasi menuju Pantai Suwuk, dan dari Suwuk dapat dilanjutkan dengan mudah karena letak dari kedua pantai tersebut sangat berdekatan dan hanya dipisahkan oleh sebuah muara sunga

     Pantai Karang bolong merupakan pantai landa berpasir yang cukup luas, yang dibatasi oleh perbukitan yang disusun oleh batuan sedimen klastik asal-gunungapi. Pasir berwarna kelabu yang berukuran halus-kasar bersumber dari batuan tersebut. Sapuan ombak besar yang membentur dinding pebukitan menghasilkan energi yang cukup untuk mengikis, mengangkut dan mengendapkan kembali butiran batuan. Derajat pelapukan yang tinggi di kawasan ini mempercepat proses abrasi tersebut. Setempat, singkapan breksi lahar yang berada di pinggir pantai mengalami pengikisan, menghasilkan bentukan abrasi yang unik.

Pantai Karangbolong mempunyai potensi membentuk arus balik yang kuat, sehingga merupakan kawasan yang berbahaya untuk berenang. Kegiatan lain yang dapat dilakukan wisatawan adalah memancing, di mana beberapa jenis ikan karang cukup melimpah di pantai ini.

Para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Karang Bolong biasanya akan sekaligus mengunjungi beberapa tempat yang lain seperti, Pantai Logending , Goa Jatijajar , Goa Petruk . Karena memang tempat tersebut berada disatu kawasan yang sama, pegunungan kapur Gombong selatan.

Selama perjanan dari Pantai Karang Bolong menuju Pantai Logending yang berjarak sekitar 20 Km, para wisatawan akan kembali dibuat kagum dengan suasana alam yang begitu indah dan juga menikmati indahnya bentangan laut dan pantai dari atas pegunungan. Untuk para wisatawan yang ingin menikmati suasana pegunungan sambil melihat laut juga terdapat sebuah tempat yang sangat strategis untuk melihat hamparan laut. dan ditempat tersebut juga terdapt beberapa warung penjuang makanan ataupun minuman sehingga akan membuat perjalanan semakin berkesan.

No comments:

Post a Comment