Tuesday 26 March 2013

ISLAM MEMBANTU PENDIDIKAN KARAKTER MANUSIA

ISLAM DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEHIDUPAN
Manusia pada dasarnya adalah pecinta perubahan, atau pelaku perubahan itu sendiri. Sedangkan perubahan merupakan suatu hukum yang harus berbanding lurus dalam kapasitas manusia sebagai pebuat perubahan.Banyak hal yang yang dapat kita lakukan untuk melakukan perubahan semisal kita dari yang jarang beribadah ketika kita sadar, bahwa sebenarnya ibadah itu adalah tiang agama, kita mulai rajin beribadah.
Karakter seseorang dapat dilihat dari kebiasaan dan cara pergaulanya sehari-hari, karakter seseorang juga bisa terlihat dari cara mereka berkomunikasi dengan orang lain.
Kita tahu bahwa karakter seseorang terbentuk mulai dari kita lahir, bagian pembentuk karakter yang paling terkecil ialah keluarga kita, dari keluarga kita berlanjut berkembang di lingkungan masyarakat, kemudian karakter akan terbentuk dengan sedirinya. Apabila lingkungan pergaulan kita baik pasti karakter seseorang tersebut pasti akan baik, dan sebaliknya apabila lingkungan kita buruk pasti karakter seseoragpun akan menjadi buruk, tapi lain halnya apabila kita bisa mengendalikan diri kita sendiri. Tidak mungkin karakterseseorang terbentuk dengan sendirinya tanpa bantuan dari lingkungan sekitar, karena dari lingunan pergaulan kitalah kita bisa membentuk karakter kita sediri.
Dalam islam, pendidikan karakter manusia sangatlah diperlukan, karena karakter seseorang itu menentukan kepribadianya. Karakter itu hampir mirip dengan watak, cuman karakter lebih dominan ke sifat dan kepribadian daripada sifat. Sifat itu ialah kepribadian seseorang yang terbentuk sejak dari dalam rahim ibu. Maka dari itulah karakter dan sifat itu berbeda, tetapi kedua-duanya mengandung makna yang hampir sama.
Pendidikan karakter sangatlah penting bagi kita, karena tanpa adanya pendidikan karakter bagi diri kita, kita tidak akan memiliki kepribadian yang baik dan kita tidak mungkin bisa berbaur dengan tetangga atau teman kita dengan baik.
Manusia diciptakan oleh Allah SWT untuk melakukan perubahan dimana antara manusia dan perubahan itu harus berbanding lurus dalam kapasitas menusia sebagai pembuat perubahan. Pendidkan karakter sangat dibutuhkan oleh manusia karena kita bisa membiasakan diri kita untuk selalu berbuat kejujuran maupun kebenaran.
Karakter seseorang bisa dirubah dengan cara pendekatan dengan orang lain. Dengan demikian karakternya bisa diubah karena terbawa oleh lingkungannya sehari-hari, selain itu juga dampak dari pergaulan juga dapat mempengaruhi perubahan karakter seseorang.
Pendidikan karakter merupakan suatu gerakan, langkah baru menuju suatu “kesempurnaan” perilaku manusia sebagai warga masyarakat serta bangsa dan negara yang mandiri, tangguh, ulet dan loyal terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.
Jadi kesimpulanya, karakter bukanlah suatu sifat yang muncul sejak kita lahir, tetapi karakter terbentuk karena lingkungan dan kemauan dari diri kita,dan dorongan oang lain.

No comments:

Post a Comment