Tuesday 26 March 2013

IBCA (INTERNET BASED CONTEMPORARY APPLIICATION)

IBCA (INTERNET BASED CONTEMPORARY APPLIICATION)
YANG ARTINYA APLIKASI APLIKASI YANG BERBASIS KONTEMPORER YANG MENGGUNAKAN DATABASE
APASIH YANG DIMAKSUD DATABASE?
DATABASE ADALAH KUMPULAN INFORMASI YANG DI SIMPAN DIDALAM KOMPUTER SECARA SISTEMATIK SEHINGGA DAPAT DIPERIKSA MENGUNAKAN SUATU PROGAM KOMPUTER UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI DARI BASIS DATA TERSEBUT.
*contoh-contoh( ibca)
Ms.acsess
      MS ACESS IS APLICATION FROM MS OFFICE PRODUCTION Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word,Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
      Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

xampp
      XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.
      Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP ServerMySQLdatabase, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), ApacheMySQLPHP dan PerlProgram ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

MY SQL
      MySQL adalah sebuah perangkat lunakk sistem manajemen basis data SQL  (database management system) atau DBMS yang multithreadmulti-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
      Dengan database MySQL anda bisa menyimpan berbagai informasi yang kemudian bisa dengan mudah diakses. Database itu sendiri tidak bisa dibaca dengan mudah oleh manusia. Database MySQL banyak digunakan pada berbagai aplikasi web seperti forum diskusi, sistem pengelolaan konten (CMS, content management system), dan lainnya. Untuk bisa menggunakan database, anda perlu membuatnya dulu. Hanya user MySQL (berbeda dengan user email dan user lainnya) tertentu yang mempunyai hak akses atas database tersebut dan bisa membaca atau menambahkan data ke database.
      Ada dua cara dalam pembuatan database MySQL. Cara termudah adalah dengan mengikuti Tuntunan Pembuatan Database MySQL (MySQL Database Wizzard) yang ada pada cPanel®. Cara kedua secara manual membutuhkan tahapn lebih banyak dan tidak perlu melalui tuntunan.


Membuat Database dengan Tuntunan
Tahapan
1.     Saat halaman tuntunan (MySQL Database Wizzard) ini terbuka, masukkan nama database yang ingin anda buat pada kotak isian "New Database".
2.     Klik tombol Next Step.
3.     Selanjutnya terlihat
o    "Added the database NAMA_DATABASE_ANDA"
4.     Masukkan nama user dan password pada kotak isian "Username" dan "Password" yang anda inginkan untuk mengakses database.
5.     Klik Next Step.
6.     Selanjutnya akan terlihat
o    "Added NAMAUSER with the password PASSWORD."
7.     Saat kemudian halaman tampil, anda akan dihadapkan pada tabel dua kolom. Di bagian atasnya terdapat pilihan "ALL PRIVILEGES" dengan kotak untuk mencentang jika anda ingin memberi semua hak akses pada user tersebut, anda juga bisa memilih hak akses tertentu yang berada pada tabel di bawahnya. Pilihan hak akses yang ada adalah:
o    SELECT - Mengijinkan user tersebut untuk memilih data dari tabel dalam database.
o    INSERT - Mengijinkan user tersebut untuk memasukkan data ke tabel pada database.
o    UPDATE - Mengijinkan user tersebut untuk mengubah data pada database.
o    DELETE - Mengijinkan user tersebut untuk menghapus data pada database.
o    INDEX - Mengijinkan user tersebut untuk mengindeks data pada database. Ini bisa mempercepat akses database.
o    CREATE TEMPORARY TABLES - Mengijinkan user tersebut untuk membuat tabel sementara pada database.
o    CREATE - Mengijinkan user tersebut untuk membuat tabel dalam database.
o    ALTER - Mengijinkan user tersebut untuk mengubah tabel dalam database.
o    DROP - Mengijinkan user tersebut untuk menghapus tabel dalam database.
o    LOCK TABLES - Mengijinkan user tersebut untuk mengunci tabel dalam database.
o    REFERENCES - Mengijinkan user tersebut untuk membuat referensi pada tabel dalam database.
CATATAN: Biasanya anda hanya perlu memberi centang pada opsi "All Privileges", kecuali jika anda ingin memberi sebagian akses tertentu pada satu user atas database ini.
8.     Dengan asumsi anda sudah memberi centang pada opsi "All privileges" atau beberapa opsi hak akses pada tabel di bawahnya, lanjutkan tuntunan dengan klik pada tombol Next Step.
9.     Kemudian terlihat
o    "User NAMAUSER was added to the database DATABASE."
10.         Selanjutnya terdapat tiga opsi yang bisa anda pilih
o    Add another database - Pilih ini jika anda ingin membuat database lagi.
o    Add another user using the MySQL Database Area - Pilih ini jika anda ingin menambah user pada database yang baru saja anda buat tadi.
o    Return to Home - Pilih ini jika anda ingin kembali ke halaman utama cPanel® anda.
MICROSOFT SQL SERVER
      Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.
      Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream). Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering.

ORACLE
Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).
Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernamaSoftware Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.
SISTEM PAKAR.
      Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.
Sistem pendukung keputusan
      Sistem pendukung keputusan (Inggris: decision support systems disingkat DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
      Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik. Menurut Moore and Chang, SPK dapat digambarkan sebagai sistem yang berkemampuan mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelan keputusan, berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan, dan digunakan pada saat-saat yang tidak biasa.
E-mail
E-MAIL adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet)
      Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam.
      Hasil evolusi dari sebuah ide yang sangat sederhana à file directory
      Pengirim menuliskan pesan pada suatu file teks, kemudian meng-kopi-kan file tersebut pada direktori file penerima
      Konsepnya sama persis seperti meletakkan catatan dalam bentuk kertas kecil pada meja kerja seseorang
BLOG
      Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
      Blog memiliki ‘kekuatan’ dalam hal memberikan pengaruh pada orang lain Kini blog dapat dijadikan lahan untuk mencari penghasilan
      menjadi publisher iklan di internet
      menjadi reviewer produk/jasa





APLIKASI PRESENSI MAHASISWA AMIKOM



      Dari dari gambar diatas terlihat bahwa antara komputer kelas dan server tidak ada hubungan secara langsung, komputer kelas mempunyai database sendiri yang terpisah dari server utama, sinkronisasi data yang ada dengan data yang ada pada server dan kelas dilakukan oleh aplikasi pementau lokal. Jadi yang terhubung dengan server adalah aplikasi pemantau,dengan demikian permasalahan koneksi yang kurang baik akan berakibat pada kualitas datanya saja tetepi tidak menggangu proses presensi. Pada aplikasi pemantau utama, kondisi jaringan sangat berpengaruh sekali,


POINT OF SALE (POS)
      Point Of Sales (POS) dapat berupa sebuah checkout counters dalam sebuah toko atau tempat usaha dimana transaksi penjualan terjadi. Secara lebih spesifik, POS umumnya merujuk pada perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan oleh checkout counter seperti electronic cash register, barcode scanner, pembaca kartu dan perangkat lainnya. POS banyak digunakan pada supermarket, restoran, hotel, dan stadion, seperti pada Penggunaan POS pada industri restoran telah merevolusi industri restoran khususnya dalam bidang fast food. Penggunaan POS telah meningkatkan efisiensi kerja karena dalam mempercepat proses order pesanan oleh customer, dapat membuat laporan secara cepat, mempercepat proses perhitungan, memungkinkan pencarian data, serta melacak transaksi harian.  
E- BANKING
Electronic banking, atau e-banking bias diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet,layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hamper semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet,khusus via web. Mirip dengan pengguna mesin ATM,lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan bulanan (listri,telpon,dsb) Melalui rekening banknya. Jelas  banyak keuntungan yang akan bisa didapatkan oleh nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, trutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena transaksi e-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan internet

No comments:

Post a Comment