PROGRAM JAVA MENGGUNAKAN BufferedReader dan JOptionPane
Kita
telah mempelajari konsep dasar pada Java dan menulis beberapa program
sederhana. Sekarang kita akan mencoba membuat program kita lebih
interaktif dengan menggunakan input dari keyboard. Pada bab ini, kita
akan mempelajari dua cara memberikan input, yang pertama adalah
menggunakan class BufferedReader dan melalui GUI (Graphical User
Interface) dengan menggunakan class JOptionPane.
Pada
akhir pembahasan, diharapkan praktikan dapat :
- Membuat program Java yang interaktif yang bisa mendapatkan input dari keyboard.
- Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard melalui layar console.
- Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard menggunakan GUI.
Dasar Teori
Berikut
ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input
dari
keyboard:
1.
Tambahkan di bagian paling atas code Anda:
import
java.io.*;
2.
Tambahkan
statement berikut:
BufferedReader
dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
3.
Deklarasikan variabel String temporary untuk mendapatkan input, dan
gunakan
fungsi
readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus
mengetikkannya
di dalam blok try-catch:
try{
String
temp = dataIn.readLine();
}
catch(
IOException e ){
System.out.println(“Error
in getting input”);
}
Berikut
ini adalah source code lengkapnya:
import
java.io.BufferedReader;
import
java.io.InputStreamReader;
import
java.io.IOException;
public
class GetInputFromKeyboard
{
public
static void main( String[] args ){
BufferedReader
dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader(
System.in) );
String
name = "";
System.out.print("Please
Enter Your Name:");
try{
name
= dataIn.readLine();
}catch(
IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello
" + name +"!");
}
}
Berikutnya
akan penjelasan setiap baris dari code tersebut:
Statement,
import
java.io.BufferedReader;
import
java.io.InputStreamReader;
import
java.io.IOException;
menjelaskan
bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader,
InputStreamReader
dan
IOException
yang
berada di java.io
package.
Java Application Programming
Interface
(API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang
dapat
digunakan
untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam
packages.
Packages
berisi
class yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada
contoh di atas, java.io
package mengandung
class-class yang memungkinkan program untuk melakukan input dan
output data. Pernyataan di atas juga dapat ditulis sebagai berikut,
import
java.io.*;
yang
akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan
selanjutnya kita bisa menggunakan class-class tersebut dalam program
kita.Dua statement selanjutnya,
public
class GetInputFromKeyboard
{
public
static void main( String[] args ){
kita
sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini
mendeklarasikan class bernama GetInputFromKeyboard dan kita
mendeklarasikan method main.
Dalam
statement,
BufferedReader
dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader(
System.in) );
kita
mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn
dengan
tipe classBufferedReader.
Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan
menjelaskannya pada akhir pembahasan.
Sekarang,
kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name,
String
name = "";
Pernyataan
di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama
variable diinisialisasi sebagai String kosong "". Sebaiknya
kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita
mendeklarasikannya.
Baris
berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang
menanyakan nama user.
System.out.print("Please
Enter Your Name:");
Sekarang,
blok di bawah ini merupakan try-catch block,
try{
name
= dataIn.readLine();
}catch(
IOException e ){
System.out.println("Error!");}
Pada
baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada
pernyataan,
name
= dataIn.readLine();
akan
ditangkap. Kita akan membahas tentang penanganan exception pada bab
selanjutnya dari pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, Anda cukup
mencatat bahwa Anda perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan
method readLine() dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari
user.
Menggunakan
class JOptionPane
Cara
lain untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan
class JoptionPane yang didapatkan dari javax.swing package.
JoptionPane memudahkan memunculkan dialog box standard yang
memberikan kepada user sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu.
Diberikan
kode berikut ini,
import
javax.swing.JOptionPane;
public
class GetInputFromKeyboard
{
public
static void main( String[] args ){
String
name = "";
name
= JoptionPane.showInputDialog("Please enter your
name");
String
msg = "Hello " + name + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null,
msg);
}
}
import
javax.swing.JOptionPane;
Menjelaskan
bahwa kita mengimpor class JoptionPane dari package
javax.swing.
Bisa
juga ditulis seperti,
import
javax.swing.*;
Pernyataan,
name
= JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name");
membuat
sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan
sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar.
Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam
variabel name.Sekarang kita membuat pesan selamat datang, yang akan
disimpan ke dalam variable msg,
String
msg = "Hello " + name + "!";
Baris
selanjutnya adalah menampilkan sebuah dialog yang berisi sebuah pesan
dan tombol OK,
JOptionPane.showMessageDialog(null,
msg);
No comments:
Post a Comment