MENGENALI RUANG LINGKUP PEMROGRAMAN Java
Dalam bagian ini, kita akan membahas
tentang bagaimana menulis, mengkompilasi dan
menjalankan program Java. Terdapat dua cara
dalam melakukannya, yang pertama
menggunakan console dan text editor.
Sedangkan cara kedua adalah dengan
menggunakan NetBeans yang merupakan
Integrated Development
Environment
atau yang disebut IDE.
Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca
dapat :
- Membuat program Java menggunakan text editor dan console dalam Linux (Ubuntu Dapper)
- Membedakan antara syntax-errors dan runtime-errors
- Membuat program Java menggunakan NetBeans
- DASAR TEORI
IDE adalah sebuah peralatan dalam
pemrograman yang diintegrasikan ke dalam aplikasi software yang
mendukung pembangunan GUI, teks atau penulisan kode, compiler dan
debugger. Tutorial ini menggunakan Ubuntu Dapper sebagai sistem
operasinya. Sebelum menggunakan tutorial ini, pastikan bahwa telah
menginstal Java dan NetBeans dalam sistem yang Anda gunakan. Untuk
instruksi bagaimana cara menginstal Java dan NetBeans, dapat dilihat
pada Appendix A.
Untuk versi Windows XP dalam bagian ini, dapat dilihat pada Appendix
B. Sebelum membahas lebih
terperinci, pada awalnya akan kita lihat program Java pertama yang
akan anda tulis.
- IMPLEMENTASI PROGAM
Menganalisa
program Java
Sekarang, kita akan
mencoba untuk menganalisa program Java pertama :
public
class Hello
{
/**
*
My first java program
*/
public
static void main(String[] args) {
//menampilkan
string ”Hello world” pada layar
System.out.println("Hello
world!");
}
}
Baris pertama kode :
public class Hello
Menandakan nama class
yaitu Hello. Dalam Java, semua kode seharusnya ditempatkan di dalam
deklarasi class. kita melakukannya dengan menggunakan kata kunci
class. Sebagai tambahan, class menggunakan access
specifier public,
yang mengindikasikan bahwa class kita mempunyai akses bebas ke class
yang lain dari package yang lain pula (package J.E.N.I. Pengenalan
Pemrograman I 2 merupakan kumpulan class-class). Kita akan membahas
lebih dalam mengenai package dan access
specifier pada
pembahasan selanjutnya.
Baris berikutnya yaitu
yang terdiri atas kurung kurawal { menandakan awal blok. Pada kode
ini, kita menempatkan kurung kurawal pada baris selanjutnya setelah
deklarasi class,bagaimanapun, kita dapat juga meletakkan kurung
kurawal ini setelah baris pertama dari kode yang kita tulis. Jadi,
kita dapat menulis kode kita sebagai berikut :
public class Hello
{
atau
public class Hello {
Tiga baris selanjutnya
menandakan adanya komentar Java. Komentar adalah sesuatu yang
digunakan untuk mendokumentasikan setiap bagian dari kode yang
ditulis. Komentar bukan merupakan bagian dari program itu sendiri,
tetapi digunakan untuk tujuan dokumentasi.
Komentar itu sendiri
dapat ditambahkan pada kode yang Anda tulis sebagai petunjuk yang
dapat membantu proses
pembelajaran pemrograman yang baik.
/**
* My first java program
*/
Komentar dinyatakan
dengan tanda “/*” dan “*/”. Segala sesuatu yang ada diantara
tanda tersebut diabaikan oleh compiler Java, dan mereka hanya
dianggap sebagai komentar.
Baris selanjutnya,
public static void
main(String[] args) {
atau dapat juga ditulis
sebagai berikut,
public static void
main(String[] args)
{
mengindikasikan nama
suatu method dalam class Hello
yang
bertindak sebagai method
utama. Method
utama adalah titik awal dari suatu program Java. Semua program
kecuali
applet
yang ditulis dalam bahasa Java dimulai dengan method utama. Yakinkan
untuk
mengikuti
kaidah penulisan tanda yang benar.
Baris selanjutnya juga
merupakan komentar,
//Menampilkan string
"Hello world" pada layar
Sekarang kita
mempelajari 2 cara untuk membuat komentar. Cara pertama adalah dengan
menempatkan komentar dalam /* dan */, dan cara yang lain adalah
dengan menuliskan tanda // pada awal komentar Baris selanjutnya,
System.out.println("Hello
world!");
menampilkan teks “Hello
World!” pada layar. Perintah System.out.println(), menampilkan teks
yang diapit oleh tanda double
pute (“
”) pada layar. Dua baris terakhir yang terdiri atas dua kurung
kurawal digunakan untuk menutup method
utama dan masing-masing
class secara berurutan.
- KESIMPULAN
- Bagian dasar dari program Java.
- Membedakan mana yang termasuk ke dalam Java literals, tipe data dasar, tipe variabel, pengidentifikasian dan operator.
No comments:
Post a Comment